Selasa, 03 Juli 2012

Tugas Akhir Membaca Komphrehensif


Nama   : Norma Tri Wibawati
NIM    : A.310110017
Kelas   : II A
Tugas Akhir Membaca Komphrehensif

Resensi Buku
Judul Buku          : Bahasa Indonesia: untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah
Pengarang            : Drs. H. Yakub Nasucha, M.Hum, Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum, dan Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum.
Penerbit               : Media Perkasa
Tahun terbit         : September 2011
Tebal                    : 247 halaman
Jenis Buku           : Non Fiksi

Sinopsis Buku
Bahasa Indonesia merupakan alat komunikasi terpenting untuk mempersatukan bangsa. Melalui Bahasa Indonesia, seseorang dapat mengungkapkan diri secara lisan maupun tulisan. Bahasa Indonesia sebagai bahasa yang masih hidup tiak dapat menghindarkan diri dari tuntutan perkembangan masyarakat pemakainya. Hal ini dapat dibuktikan dengan terdapatnya perbedaan antara bahasa zaman dahulu (ejaan lama) sampai dengan bahasa Indonesia dewasa kini (EYD).
Sekarang ini, bahasa Indonesia telah menjadi bahasa besar yang digunakan dan dipelajari tidak hanya di Indonesia tetapi juga di banyak Negara. Oleh sebab itu, kesadaran mahasiswa akan kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara perlu ditingkatkan. Kesadaran tersebut dapat dicapai lewat kegiatan ceramah dan tanya jawab atau diskusi. Sebagai warga Negara, mereka harus bangga terhadap bahasanya.
Sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia berfungsi sebagai lambang kebanggaan kebangsaan, lambang identitas nasional, alat pemersatu berbagai suku bangsa, dan alat perhubungan antar daerah dan antar budaya. Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi pun dipakai dalam berbagai keperluan tentu tidak seragam, tetapi akan berbeda-beda disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Hal inilah yang dinamakan ragam bahasa Indonesia.
Bahasa Indonesia pun sangat penting bagi mahasiswa. Misalnya dalam hal kemampuan menuangkan ide dalam penulisan karya tulis ilmiah yang merupakan pemakaian bahasa secara tertulis. Menulis dapat menjadi media pengembangan hard skill dan soft skill manusia dalam kehidupan. Dengan menulis, dapat menjadi sarana penyampaian gagasan kepada masyarakat dan eksistensi diri.
Penulisan karya tulis ilmiah sangat penting bagi mahasiswa. Mahasiswa menerapkan ketrampilan menulis selama belajar di perguruan tinggi. Pada setiap semester, mereka harus menulis makalah untuk tugas setiap mata kuliah yang ditempuh. Lebih dari itu, pada akhir proses pembelajaran, mereka diwjibkan untuk menulis skripsi, tesis, disertasi yang didahului dengan penulisan proposal penelitian. Jadi, mahasiswa harus mampu menulis ilmiah sesuai dengan kriteria  yang menjadi landasan karya ilmiah tersebut.
Penulisan karya ilmiah harus memenuhi syarat-syarat keilmiahan pada suatu disiplin ilmu tertentu yang dikuasi oleh penulisnya. Hasil dari penulisan ini bersifat sistematik. Maksudnya suatu tulisan ditulis secara urut sesuai dengan sistematika penulisan yang telah ditentukan. Selain itu, penulisan karya ilmiah harus disusun secara logis dan benar. Jadi, penulis harus memiliki landasan teori yang kuat.
Penulisan karya tulis ilmiah juga tak lepas dari kaidah-kaidah di dalamnya. Antara lain: penyebutan sumber tulisan yang jelas. Jika penyusunan karya ilmiah mengutip dari pendapat orang lain, maka harus dicantumkan kutipan yang tepat agar tidak disebut plagiat. Kedua adalah memenuhi kaidah penulisan yang berkaitan dengan teknik kutip-mengutip, penulisan kata, frasa, dan kalimat yang sesuai dengan kaidah bahasa yang baik dan benar.
Buku ini menyajikan secara lengkap mengenai tata cara penulisan karya tulis ilmiah untuk menunjang keberhasilan mahasiswa dalam kegiatan menulis karya ilmiah karena pada kenyataannya, karya tulis yang dihasilkan oleh mahasiswa masih jauh dari harapan. Oleh karena itu, buku ini diharapkan dapat menambah wawasan pembaca dan penmerhati bahasa dalam melakukan penulisan karya ilmiah

Kelebihan                    : Buku ini mengulas beberapa hal antara lain: (1) sejarah, kedudukan, dan fungsi bahasa Indonesia, (2) ragam bahasa, (3) kalimat efektif, (4) pengembangan paragraf, (5) terampil menulis karya ilmiah, (6) tata tulis dalam karya ilmiah dan (7) ejaan yang disempurnakan. Sehingga, sangat menunjang untuk panduan dalam menulis karya ilmiah. Selain itu, kajian-kajian teori yang dilakukan lebih memberikan bekal aplikatif kepada pembaca agar terampil dalam  berbahasa Indonesia baik berupa ketrampilan lisan maupun tulisan. Kelebihan lainnya adalah, buku ini dilengkapi oleh 2 lampiran penting. Lampiran pertama berupa Lafal Bahasa Baku (Online) yang diunduh dari www.pusatbahasa.diknas.go.id sedangkan lampiran kedua berupa Pedoman Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diunduh dari www.dp2m/dikti.go.id . Kedua lampiran tersebut menjadikan buku semakin lengkap dan menunjang pembelajaran terkait dengan penulisan karya ilmiah.

 Kelemahan          : Buku ini terdapat kelemahan pada bagian lampiran 2, tepatnya halaman 219 tentang agenda tahunan PKM. Dalam bab tersebut dicantumkan aliran tahapan proses PKM sampai ke penyelenggaran PIMNAS dalam bentuk skema. Akan tetapi, skemanya tidak disertai keterangan-keterangan sehingga sulit untuk dipahami.