Nama : Norma Tri Wibawati
NIM : A.310110017
Kelas : II A
Tugas Akhir
Membaca Komphrehensif
Resensi Buku
Judul
Buku : Bahasa Indonesia: untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah
Pengarang : Drs. H. Yakub Nasucha, M.Hum, Dr.
Muhammad Rohmadi, M.Hum, dan Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum.
Penerbit : Media Perkasa
Tahun terbit : September 2011
Tebal : 247 halaman
Jenis Buku : Non Fiksi
Sinopsis
Buku
Bahasa
Indonesia merupakan alat komunikasi terpenting untuk mempersatukan bangsa.
Melalui Bahasa Indonesia, seseorang dapat mengungkapkan diri secara lisan
maupun tulisan. Bahasa Indonesia sebagai bahasa yang masih hidup tiak dapat
menghindarkan diri dari tuntutan perkembangan masyarakat pemakainya. Hal ini
dapat dibuktikan dengan terdapatnya perbedaan antara bahasa zaman dahulu (ejaan
lama) sampai dengan bahasa Indonesia dewasa kini (EYD).
Sekarang ini, bahasa Indonesia telah menjadi bahasa
besar yang digunakan dan dipelajari tidak hanya di Indonesia tetapi juga di
banyak Negara. Oleh sebab itu, kesadaran mahasiswa akan kedudukan bahasa
Indonesia sebagai bahasa Negara perlu ditingkatkan. Kesadaran tersebut dapat
dicapai lewat kegiatan ceramah dan tanya jawab atau diskusi. Sebagai warga
Negara, mereka harus bangga terhadap bahasanya.
Sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia berfungsi
sebagai lambang kebanggaan kebangsaan, lambang identitas nasional, alat
pemersatu berbagai suku bangsa, dan alat perhubungan antar daerah dan antar
budaya. Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi pun dipakai dalam berbagai
keperluan tentu tidak seragam, tetapi akan berbeda-beda disesuaikan dengan
situasi dan kondisi. Hal inilah yang dinamakan ragam bahasa Indonesia.
Bahasa Indonesia pun sangat penting bagi mahasiswa.
Misalnya dalam hal kemampuan menuangkan ide dalam penulisan karya tulis ilmiah
yang merupakan pemakaian bahasa secara tertulis. Menulis dapat menjadi media
pengembangan hard skill dan soft skill manusia dalam kehidupan. Dengan menulis,
dapat menjadi sarana penyampaian gagasan kepada masyarakat dan eksistensi diri.
Penulisan karya tulis ilmiah sangat penting bagi
mahasiswa. Mahasiswa menerapkan ketrampilan menulis selama belajar di perguruan
tinggi. Pada setiap semester, mereka harus menulis makalah untuk tugas setiap
mata kuliah yang ditempuh. Lebih dari itu, pada akhir proses pembelajaran,
mereka diwjibkan untuk menulis skripsi, tesis, disertasi yang didahului dengan
penulisan proposal penelitian. Jadi, mahasiswa harus mampu menulis ilmiah
sesuai dengan kriteria yang menjadi
landasan karya ilmiah tersebut.
Penulisan karya ilmiah harus memenuhi syarat-syarat
keilmiahan pada suatu disiplin ilmu tertentu yang dikuasi oleh penulisnya.
Hasil dari penulisan ini bersifat sistematik. Maksudnya suatu tulisan ditulis
secara urut sesuai dengan sistematika penulisan yang telah ditentukan. Selain
itu, penulisan karya ilmiah harus disusun secara logis dan benar. Jadi, penulis
harus memiliki landasan teori yang kuat.
Penulisan karya tulis ilmiah juga tak lepas dari
kaidah-kaidah di dalamnya. Antara lain: penyebutan sumber tulisan yang jelas.
Jika penyusunan karya ilmiah mengutip dari pendapat orang lain, maka harus
dicantumkan kutipan yang tepat agar tidak disebut plagiat. Kedua adalah
memenuhi kaidah penulisan yang berkaitan dengan teknik kutip-mengutip,
penulisan kata, frasa, dan kalimat yang sesuai dengan kaidah bahasa yang baik
dan benar.
Buku ini menyajikan secara lengkap mengenai tata
cara penulisan karya tulis ilmiah untuk menunjang keberhasilan mahasiswa dalam
kegiatan menulis karya ilmiah karena pada kenyataannya, karya tulis yang
dihasilkan oleh mahasiswa masih jauh dari harapan. Oleh karena itu, buku ini
diharapkan dapat menambah wawasan pembaca dan penmerhati bahasa dalam melakukan
penulisan karya ilmiah
Kelebihan : Buku ini mengulas beberapa
hal antara lain: (1) sejarah, kedudukan, dan fungsi bahasa Indonesia, (2) ragam
bahasa, (3) kalimat efektif, (4) pengembangan paragraf, (5) terampil menulis
karya ilmiah, (6) tata tulis dalam karya ilmiah dan (7) ejaan yang
disempurnakan. Sehingga, sangat menunjang untuk panduan dalam menulis karya ilmiah.
Selain itu, kajian-kajian teori yang dilakukan lebih memberikan bekal aplikatif
kepada pembaca agar terampil dalam
berbahasa Indonesia baik berupa ketrampilan lisan maupun tulisan.
Kelebihan lainnya adalah, buku ini dilengkapi oleh 2 lampiran penting. Lampiran
pertama berupa Lafal Bahasa Baku (Online) yang diunduh dari www.pusatbahasa.diknas.go.id
sedangkan lampiran kedua berupa Pedoman Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang
diunduh dari www.dp2m/dikti.go.id
. Kedua lampiran tersebut menjadikan buku semakin lengkap dan menunjang
pembelajaran terkait dengan penulisan karya ilmiah.
Kelemahan :
Buku ini terdapat kelemahan pada bagian lampiran 2, tepatnya halaman 219
tentang agenda tahunan PKM. Dalam bab tersebut dicantumkan aliran tahapan
proses PKM sampai ke penyelenggaran PIMNAS dalam bentuk skema. Akan tetapi,
skemanya tidak disertai keterangan-keterangan sehingga sulit untuk dipahami.