Nama : Norma Tri Wibawati
Kelas : 2A
NIM : A.310110017
Tugas
Membaca Komphrehensif
Judul Jurnal : Peningkatan Keefektifan Pembelajaran Menulis di Kelas II SD
Negeri Ngaglik Sardonoharjo dengan Menggunakan Pendekatan Proses dan Media
Gambar
Oleh : Suyatinah (Staf Pengajar FIP UNY)
Abstrak:
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran menulis dengan
menggunakan pendekatan proses dan media gambar di kelas II SD Negeri Ngaglik,
Sardonoharjo.
Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindak kelas kolaboratif. Pengumpulan data
melalui pengamatan dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi
dengan wawancara, angket dan pengamatan lain. Teknik analisis data untuk
prestasi belajar menggunakan analisis deskriptif dan data tentang intensitas
aktivitas menggunakan metode alur.
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis dengan menggunakan pendekatan
proses dan media gambar berhasil meningkatkan : (1) ketrampilan menulis siswa
naik sebesar 17, 44 dari skor rata-rata 54,43 menjadi 71,87; (2) motivasi belajar naik sebesar 33,4% ,
dari 63,3% menjadi 96,7%; (3) perhatian naik sebesar 30%, dari 66,7% menjadi
96,7%; (4) aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 56,6%, dari 36,7%
menjadi 93,3%.
Kata Kunci:
Ketrampilan
menulis, pendekatan proses, dan media gambar.
Abstrak
dari penelitian:
Peningkatan Keefektifan Pembelajaran Menulis
di Kelas II SD Negeri Ngaglik Sardonoharjo
dengan Menggunakan Pendekatan Proses
dan Media Gambar
Suyatinah,
dalam penelitiannya yang berjudul Peningkatan Keefektifan Pembelajaran Menulis
di Kelas II SD Negeri Ngaglik Sardonoharjo dengan Menggunakan Pendekatan Proses
dan Media Gambar menyatakan bahwa penelitian tersebut bertujuan untuk
mengetahui keefektifan pembelajaran menulis pada siswa kelas II di SD Ngaglik
Sardonoharjo. Metode yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah melalui
metode pendekatan proses dan media gambar. Ada empat hasil yang dapat diketahui
melalui penelitian tersebut, di antaranya adalah (1) peningkatan ketrampilan
menulis siswa, perubahan sebesar 17,44. Skor rata-rata sebesar 54,43 meningkat
menjadi 71,87; (2) peningkatan motivasi belajar, peningkatan terjadi sebesar
33,4%. Dari 63,3% meningkat menjadi
96,7%; (3) peningkatan perhatian sebesar 30%. Mula-mula 66,7% mengalami
peningkatan menjadi 96,7%; (4) peningkatan aktivitas siswa, mengalami
peningkatan sebesar 56,6%. Peningkatan terjadi dari 36,7% menjadi 93,3%.
Kata
Kunci:
Ketrampilan
menulis, pendekatan proses, dan media gambar.